Manajemen Pemasaran Produk

Bagi manajemen pemasaran produk, manajemen pemasaran akan dipecah menjadi 4 (empat) kebijakan pemasaran yang lazim disebut sebagai bauran pemasaran (marketing mix) atau 4P dalam pemasaran yang terdiri dari 4 (empat) komponen, yaitu ptofuk (product), harga (price), distribusi (place) dan promosi (promotion). Pemasaran adalah proses social dan manajerial yang membuat individu atau kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan serta diinginkan melalui penciptaan dan pertukaran timbale balik produk dan nilai dengan orang lain. Jadi, manajemen pemasaran adalah kegiatan pengaturan secara maksimal fungsi-fungsi pemasaran agar kegiatan pertukaran atau penyimpanan barang atau jasa dari produsen ke konsumen dapat berjalan lancar dan memuaskan.

Di dalam manajemen pemasaran produk, dikenal istilah bauran pemasaran  (marketing  mix). Bauran pemasaran (marketing mix) merupakan perangngkat alat pemasaran taktis yang dapat dikendalikan berupa produk, harga, distribusi, dan promosi yang dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan respon yang diinginkan dalam pasar sasaran.

Bauran pemasaran dalam manajemen pemasaran product :

  1. Product (produk), kombinasi barang dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan kepada pasar sasaran, yang harus memerhatikan customer needs and watns (keinginan kebutuhan konsumen).
  2. Price (harga) jumlah uang yang harus dibayar oleh pelanggan untuk memperoleh produk, dengan memerhatikan cost to the customer (biaya yang ditanggung konsumen).
  3. Place (distribusi), aktivitas perusahaan untuk membuat produk tersedia bagi konsumen sasaran, dengan memperhitungkan convenience (kemudahan akses) konsumen.
  4. Promotion (promosi), aktivitas yang mengkomunikasikan keunggulan produk dan membujuk konsumen untuk membelinya, dengan melakukan communication (komunikasi) pada konsumen.

Selain marketing mix pada manajemen pemasaran produk, perlu diperhatikan sem=gmentasi pasar. Segmentasi pasar ada proses membagi pasar keseluruhan suatu produk atau jasa yang bersifat heterogen ke dalam beberapa segmen, yang setiap segmennya cenderung yang bersifat homogeny dalam segala aspel. Segmentasu pasar antara lain sebagai berikut :

  1. Segmentasi pasar konsumen, yaitu membentuk segmen pasar dengan menggunakan ciri-ciri konsumen (consumen characteristic). Kemudian perusahaan akan menelaah apakah segmen-segmen konsumen ini menunjukkan kebutuhan atau tanggapan produk yang berbeda.
  2. Segmentasi pasar bisnis, yaitu membentuksegmen pasar dengan memperhatikan tanggapan kosumen (consumen response) terhadap manfaat yang dicari, waktu penggunaan dan merek.
  3. Segmentasi pasar yang efektif, antara lain :
    a. dapat diukur (measurable(, ukuran, daya beli, p-rofil segmen
    b. besar segmen (subtansial) airnya cukup besar dan menguntungkan untuk dilayani.
    c. dapat dijangkau (accessible) artinya dapat dijangkau dan dilayani ecara efektif
    d. dapat dibedakan (differentiable), artinya secara konseptual dapat dipisahkan dan member tanggapan yang berbeda terhadap elemen dan program bauran.
    e. dapat diambil tindakan (actionable) artinya prhram yang efektif yang dirumuskan untuk menarik dan melayani segmen tersebut.
Anda ingin mendapatkan materi di atas secara full content???, Anda bisa bergabung di Layanan Membership Kumpulan Tugas akhir / skripsi, Tesis, Tugas Kuliah Secara Online dan Full Content. Klik banner di bawah ini:

Share Your Thoughts