Manajemen Pemasaran Marketing

Manajemen pemasaran marketing produk atau jasa usaha melalui ssaluran distribusi yang merupakan itni dari pembangunan jaringan. Juga bahwa aktivitas pemasaran memerlukan sejumlah syarat seperti : (1) analisis pasar, (2) penilaian kekuatan, (3) pertimbangan alokasi sumber daya usaha yang terbatas dan (4) pembuatan rencana usaha masa depan. Selanjutnya tentang perhatian terhadap lingkungan bisnis yang akan dimasuki, baik dari sisi peta situasi dan kondisi (lingkungan) makro yang dinyatakan dalam sejumlah pertimbangan maupun dari sisi lingkungan persaingan bisnisnya. ini termasuk menyikapi persaingan bisnis sesuai dengan syarat.

Secara sederhana proses manajemen pemasaran marketing dibagi dalam tiga bagian utama : (1) memastikan calon klien atau pembeli potensial; (2) mempublikasikan produk atau jas yang ditawarkan, mendekati pembeli atau klien potensial; (3) kiat menjual produk atau jasa yang ditawarkan. Kemampuan menjalankan ketiga kegatan tersebut pada dasarnya juga merupakan bagian dari kecakapan menjual (salesmanship). Kemampuan ini jelas merupakan bagian penting yang harus dikuasai oleh seorang wirausaha.

Bila pada paparan sebelumnya sudut pandang pembahasan lebih diarahkan pada kita praktis manajemen pemasaran marketing dalam rangka membangun jaringan usaha, pada kali ini focus pembahasannya adalah aspek penguasaan manajemen pemasaran. Manajemen pemasaran adalah sebagia uraian (aktivitas) perencanaan, pelaksaan, dan pengawasan atas program-progran yang dirancang untuk menghasilkan transaksi atas program-program yang dirancang untuk menghasilkan transaksi pada target pasar, guna memenuhi  kebutuhan perorangan atau kelompok berdasarkan asas paling menguntungkan melalui pemanfaatan produk, harga, promosi dan distribusi (4P atau konsep marketing mix). Manajemen pemasaran menjabarkan pengertian manajemen pemasaran diatas dalam alur berpikir yang mencukup analisis situasi lingkungan dan peluang pasar, pembuatan sasaran pemasaran, formulasi strategi dan taktik pemasaran serta pembuatan rencana implementasi dan pengendaliannya.

Dari pengetian ini, pembahasan manajemen pemasaran marketing akan diarahkan pada : (1) pemahaman terhadap proses keputusan pembelian, dan (2) strategi pemasaran yang berisikan pembuatan sasaran pemsaran, formulasi strategi dan taktis atau program pemasaran. Strategi pemasaran adalah kumpulan petunjuk dan kebijakan yang digunakan secara dan distribusi  dengan peluang pasar sasaran guna mencapai sasaran usaha. Dalam bahasa yang sederhana, suatu strategi pemasaran pada dasarnya menunjukkan bagaimana sasaran pemasaran dapat dicapai. Sebaga contoh, untuk memulai usaha baru yang target pasarnya adalah untuk kalangan menengah ke atas, petunjuk dan kebijakan yang mendasari strategi pemasaran lebih diorientasikan pada pembentukan citra kualitas terbaik. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Penetapan harga yang tinggi dan rentang (perbedaan harga tertinggi dan terendah) yang sempit guna memberikan citra eksklusif.
  2. Produk ditetapkan untuk menawarkan standar kualitas dan pelayanan yang sangat special berikut cakupan garansi yang istimewa.
  3. Penggunaan medua dan isi iklan yang membangkitkan citra ekslusif dan berkualitas tinggi.
Anda ingin mendapatkan materi di atas secara full content???, Anda bisa bergabung di Layanan Membership Kumpulan Tugas akhir / skripsi, Tesis, Tugas Kuliah Secara Online dan Full Content. Klik banner di bawah ini:

Share Your Thoughts